KELURAHAN PANDEGLANG

Kelurahan Pandeglang terletak di wilayah pusat Pemerintahan Kabupaten Pandeglang, termasuk dalam Kecamatan Pandeglang, Kelurahan Pandeglang terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor : Tahun 1973, dengan luas wilayah 468.031 Ha. terletak 23 Km dari Ibukota Propinsi dan 0,5 Km dari Ibukota Kabupaten Pandeglang, Kelurahan Pandeglang memiliki iklim tropis dan sub curah hujan 3.814 mm/tahun dan rata-rata suhu 22,5 C°- 22,9C°.

Penduduk yang Heterogen dengan Sensitivitas yang tinggi Kelurahan Pandeglang termasuk kedalam wilayah perkotaan memiliki Demografi wilayah yang cukup unik dimana mencakup lahan Pertanian, Perkebunan, serta perkembangan Industri Barang dan Jasa. Potensi ini merupakan hal yang menjadi unggulan Kelurahan Pandeglang,dengan imbangan lahan antara Pertanian, Pemukiman, dan Industri Barang dan Jasa yang relatif berimbang.

Kelurahan Pandeglang memiliki batas administrasi sebagai berikut :

  • Utara : Berbatasan dengan Kelurahan Juhut dan Kelurahan Cigadung;
  • Selatan : Berbatasan dengan Kelurahan Karaton dan Kelurahan Cilaja;
  • Timur : Berbatasan dengan Kelurahan Kabayan;
  • Barat : Berbatasan dengan Kelurahan Cilaja.

Kelurahan Pandeglang terdiri dari 14 (empat belas) Rukun Warga (RW) yaitu : Rw. 01 Ciherang, Rw. 02 Pasar, Rw. 03 Pamagersari, Rw. 04 Gardutanjak, Rw. 05 Keboncau, Rw. 06 Cihaseum, Rw. 07 Cicadas, Rw. 08 Kadugajah, Rw. 09 Curugsawer, Rw. 10 Cikondang, Rw. 11 Kadupandak, Rw. 12 Ciwasiat, Rw. 13 Pasirkuntul, Rw. 14 Kadutoke dan terdiri dari 73 RT.

Jumlah Penduduk Kelurahan Pandeglang berdasar data bulan Desember 2015 sebanyak 17.938 Jiwa, terdiri dari 9.546 Jiwa Laki-laki dan 8.392 Jiwa Perempuan. Jumlah KK sebanyak 4.378.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Tab Content

 

TUGAS POKOK & FUNGSI

Berdasarkan Keputusan Bupati Pandeglang No. 18 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan di Lingkungan Pemerintah  Kabupaten Pandeglang. Kelurahan Pandeglang  mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan di bidang urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Kelurahan Pandeglang merupakan wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah Kabupaten Pandeglang dalam wilayah Kecamatan Pandeglang, yang dipimpin oleh lurah  yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Camat dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:

  1. pengkoordinasian kegiatan pembangunan;
  2. pengkoordinasian kesejahteraan sosial;
  3. pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  4. pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kelurahan;
  5. pembinaan penyelenggaraan kelembagaan lingkup rukun warga.

 

Uraian Tupoksi

Berdasarkan pada Peraturan Bupati Nomor : 18 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata kerja Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, dapat diuraikan Tupoksi masing-masing Pejabat Esselonering Kantor Kelurahan Pandeglang sebagai berikut :

Lurah

Tugas :    Membantu Camat dalam melaksanakan sebagian Tugas Pembantuan dibidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan Lingkup Kelurahan serta melaksanakan sebagian urusan Pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati, meliputi :

  1. Mengkoordinasikan kegiatan pembangunan
  2. Mengkoordinasikan kegiatan kesejahteraan sosial
  3. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum
  4. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kelembagaan lingkup rukun warga

Fungsi :

  1. Penyusunan Program dan kegiatan kelurahan
  2. Pengkoordinasian penyelenggaran pemerintahan diwilayah kelurahan
  3. Penyelenggaran kegiatan pembinaan ideologi Negara dan kesatuan bangsa lingkup rukun warga
  4. Pengoordinasian kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat
  5. Pembinaan penyelenggaran terhadap kegiatan dibidang posyandu dan kebersihan
  6. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaran bidang kesejahteraan sosial
  7. Pelaksanaan penatausahaan kelurahan
  8. Pelaksanan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

Sekretaris

Tugas : Mengelola ketatausahaan, administrasi umum, kepegawaian, keuangan, menyusun program, evaluasi, dokumentasi dan pelaporan serta penyebarluasan informasi.

Fungsi :

  1. Penyelenggaran pengelolaan administrasi perkantoran, administrasi keuangan dan administrasi kepegawaian
  2. Penyelenggaran urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan hubungan masyarakat
  3. Penyelenggaraan kearsipan
  4. Pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan unit kerja
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya

Seksi Kesejahteraan Sosial

Tugas : Merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis di Bidang Kesos.

Fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang kesejahteraan sosial
  2. Penyusunan program dan kegiatan seksi kesejahteraan sosial
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang kesejahteraan sosial
  4. Penyelenggaraan kegiatan bidang kesejahteraan sosial

 

Seksi Pembangunan

Tugas : Merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang pembangunan.

Fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pembangunan
  2. Penyusunan program dan kegiatan seksi pembangunan
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang pembangunan
  4. Penyelenggaraan kegiatan bidang pembangunan

 

Seksi Pemerintahan

Tugas : Merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang Pemerintahan.

Fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pemerintahan
  2. Penyusunan program dan kegiatan seksi pemerintahan
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang pemerintahan
  4. Penyelenggaraan kegiatan bidang pemerintahan
Tab Content
Tab Content