RAGAM INFORMASI PEMBANGUNAN KELURAHAN BABAKAN KA

BANSOS PT.ASURANSI TUGU PRATAM TBK

13-08-2019 KEL. BABAKAN KA

Pelaksanaan Shalat Idul Adha berakhir tepat 07.45 WIB dan jama'ah perlahan meninggalkan lokasi Shalat Id, akan tetapi seluruh panitia pelaksanaan hewan qurban di Kelurahan Babakan Kalanganyar bergegas pulang ke kamar masing-masing dan langsung berganti kostum langsung menuju lokasi penyembelihan hewan qurban yang ada di area Wilayah Kelurahan Babakan Kalanganyar tepatnya di Kp. Pasir Jengkol RT.002/005. Ketua RT/RW dibantu masyarakat setempat... Selanjutnya

PEMBUBARAN PANITIA QURBAN KELURAHAN BABA…

13-08-2019 KEL. BABAKAN KA

                      Kantor Kelurahan Babakan Kalanganyar telah sukses melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban, pada (11/08/2019) yang lalu. Sebagai ungkapan syukur dan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan tersebut, selasa (13/08/2019) dilaksanakan kegiatan pembubaran panitia qurban Kelurahan Babakan Kalanganyar tahun 2019 bertempat diaula Kelurahan Babakan Kalanganyar. Lurah Babakan Kalanganyar, Tedi Toryadi SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh... Selanjutnya

LURAH BABAKAN KALANGANYAR BENTUK TIM PAN…

10-08-2019 KEL. BABAKAN KA

  Lurah Babakan Kalanganyar, Tedi Toryadi.,SH di dampingi oleh Sekretaris Kelurahan, Suhaedi.,S.sos , membentuk tim pelaksana pembagian hewan kurban tahun 2019, yang bertempat dikantor kelurahan babakan kalanganyar. Sabtu (10/08/2019). Seperti diketahui beberapa waktu kedepan umat muslim di seluruh dunia akan bersama-sama menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H. Momentum di mana sudah menjadi tradisi bagi umat muslim melakukan ibadah kurban dengan menyembelih... Selanjutnya

MONITORING JALAN PAVING BLOCK

07-08-2019 KEL. BABAKAN KA

Kasi Pemerintahan Kelurahan Babakan Kalanganyar, HJ. Ade Maesaroh.,S.Ip, melaksanakan monitoring kegiatan pembangunan jalan lingkungan paving block, yang berlokasi diwilayah kelurahan babakan kalanganyar, tepatnya di Kp. Pasir Jengkol RT.002/005, Kamis (11/07/2019). Kegiatan ini dilaksankan untuk mengetahui atau memantau jalanya pembangunan paving block tersebut. Sumber Dana Pembangunan jalan paving block berasal dari Dana Kelurahan (DK) Tahun Anggaran 2019. Selanjutnya

RAPAT KOORDINASI KEPEGAWAIAN

08-04-2019 KEL. BABAKAN KA

PANDEGLANG,. 08/04/2019., Rapat koordinasi, rapat merupakan pertemuan antar anggota di lingkungan kantor atau organisasi untuk membicarakan atau merundingkan suatu masalah menyangkut kepentingan bersama, sedangkan koordinasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang sederajat untuk memberikan informasi dan bersama mengatur atau menyepakati sesuatu sehingga di satu sisi proses pelaksanaan tugas dan keberhasilan pihak yang satu tidak mengganggu proses pelaksanaan. Selanjutnya

PENYORTIRAN SPPT PAJAK BUMI DAN BANGUNAN…

08-04-2019 KEL. BABAKAN KA

BABAKAN KALANGANYAR.,08/04/2019. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah Pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunya suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya. Terlihat dari gambar tersebut bahwa Kasi Pemerintahan Kelurahan Babakan Kalanganyar (HJ. ADE MAESAROH.,S.Ip) dibantu dengan Staff sedang melakukan penyortiran atau pemisahan... Selanjutnya

SENAM KESEHATAN JASMANI DAN JALAN SANTAI

27-03-2019 KEL. BABAKAN KA

Pandeglang,26/03/2019., Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pandeglang yang ke-145, Pemerintah Kabupaten Pandeglang mengadakan rangkaian acara yang salah satunya adalah Senam Kesehatan Jasmani dan Jalan Santai. Acara ini diikuti oleh banyak peserta, baik untuk umum maupun perwakilan dari berbagai instansi. Selanjutnya

BERITA KELURAHAN BABAKAN KA

12-11-2018 KEL. BABAKAN KA

PANDEGLANG.- Lorem ipsum dolor sit amet consectetuer Nam feugiat orci Vestibulum turpis. Eu cursus sem Curabitur dui convallis ut augue sit risus risus. Maecenas elit eget non sagittis neque libero senectus mollis quis ut. Tincidunt sem tortor turpis et Nulla eleifend tellus condimentum In lacus. Felis lacinia cursus id ut consectetuer risus condimentum Cum sapien quis. Lacus. Augue amet Nullam rutrum... Selanjutnya

BERITA KELURAHAN BABAKAN KA

12-11-2018 KEL. BABAKAN KA

PANDEGLANG.- Lorem ipsum dolor sit amet consectetuer Nam feugiat orci Vestibulum turpis. Eu cursus sem Curabitur dui convallis ut augue sit risus risus. Maecenas elit eget non sagittis neque libero senectus mollis quis ut. Tincidunt sem tortor turpis et Nulla eleifend tellus condimentum In lacus. Felis lacinia cursus id ut consectetuer risus condimentum Cum sapien quis. Lacus. Augue amet Nullam rutrum... Selanjutnya

  1. SEJARAH SINGKAT
  2. GAMBARAN UMUM
  3. STRUKTUR
  4. TUPOKSI
  5. PROGRAM
  6. PELAYANAN
  7. DATA PEGAWAI
  8. VISUALISASI

Sejarah Kelurahan Babakan Kalanganyar

Kelurahan Babakan Kalanganyar adalah salah satu dari empat (4) Kelurahan di Kecamatan Pandeglang. Nama Kelurahan Babakan Kalanganyar diambil dari nama salah satu bagian tempat pertemuan baru para tokoh masyarakat setempat.

Pada mulanya Wilayah Kelurahan Babakan Kalanganyar berstatus desa dan pada tahun 1981 telah berubah status menjadi Kelurahan. Selanjutnya nama pimpinan yang pernah menjabat sebagai kepala desa dan kepala kelurahan adalah sebagai berikut :

 

NAMA-NAMA LURAH BABAKAN KALANGANYAR 

 

Nama Kepala Desa dan Nama Kepala Kelurahan

Tahun

Keterangan

     

Dulhadi

M. Jakar

Atmawijaya

Wilman Gumilar

Tb. Moch Soleh

Isa

Agus rahmat

Asia

Tata Suparta

Tb.Anshori

Rd. Ida Robiatul Alawiah

R.E. Saefudin. HD. S. Sos

Suherman,SH.

TB. Cecep Ridwan. S.SOS

Tedi Toryadi.,SH

1955 s/d 1981

1981 s/d 1985

1985 s/d 1992

1992 s/d 1993

1993 s/d 1994

1994 s/d 1997

1997 s/d 1998

1998 s/d 1999

1999 s/d 2006

2006 s/d 2009

2009 s/d 2010

2010 s/d 2012

2012 s/d 2016

2016 s/d 2018

2018 s/d Sekarang

Kepala Desa

Kepala Desa – Lurah

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

Kepala Kelurahan

DATA MONOGRAFI DESA / KELURAHAN

  1. Desa / Kelurahan : Babakan Kalanganyar
  2. Nomor Kode : 1003
  3. Kecamatan : Pandeglang
  4. Kabupaten : Pandeglang
  5. Provinsi : Banten
  6. Keadaan Data Bulan : Desember 2018

 

A.BIDANG PEMERINTAHAN

I.UMUM

 

1.Luas dan Batas wilayah                                 

Luas Desa/Kelurahan      : 537,60 Ha

Batas Wilayah                                  

  • Sebelah Utara     : Kecamatan Koroncong
  • Sebelah Selatan  : Kecamatan Banjar
  • Sebelah Barat     : Kelurahan Kadomas
  • Sebelah Timur    : Kabupaten  Lebak    

 

2.Kondisi Geografis

a. Ketinggian Tanah dari permukaan laut    : 175     M
b. Banyaknya curah hujan   : 2667   mm/thn
c. Tofografi (daratan rendah, tinggi, pantai)   :

Tinggi

d. Suhu udara rata-rata :

24  s/ d 32

3.Orbitasi (jarak dari pusat Pemerintahan Desa/Kelurahan) :

 

a.Jarak dari Pusat Kecamatan                                               :  6.5                Km

b.Jarak dari Ibukota Kabupaten / Kota                                   :  7                   Km

c.Jarak dari Ibu Kota Provinsi                                                :  29                 Km

d.Jarak dari Ibukota Negara                                                  :  111               Km

 

II.P E R T A N A H A N

 

  1. S t a t u s

 

 a.Sertifikat Hak MIlik                                                 :        1.900      buah    96,10   Ha

   b.Sertifikat Hak Guna Usaha                                      :            -          buah    -           Ha

c.Sertifikat Hak Guna Bangunan                                             :            -          buah    -           Ha

d.Sertifikat Hak Pakai                                                            :            1  buah    360 Ha

e.Tanah Kas Desa       :

1)Tanah Bengkok                                                                :            -          buah    -           Ha

2)Tanah Titisara                                                                  :            -          buah    -           Ha

3)Tanah Pengangona                                                          :            -          buah    -           Ha

4)Tanah Desa lainya                                                            :            -          buah    -           Ha

f.Tanah bersitifikat                                                              :        1.900       buah    96,10  Ha

g.Tanah bersertifikat melalui PRONA                                      :          150       buah    16,10   Ha

h.Tanah yang belum bersertifikat                                          :        1.850       buah   400,17 Ha

  1. Peruntukan                     :
  2. Jalan                              : 2,3                  Ha
  3. Sawah dan Ladang           : 162                 Ha
  4. Bangunan Umum             : 107                  Ha
  5. E m p a n g                     :  -                    Ha
  6. Pemukiman/ Perumahan    : 132                 Ha
  7. Jalur Hijau                        :  -                    Ha
  8. Pekuburan                       : 1,98                Ha
  9. Lain Lain                          : 113,99             Ha
  10. III.KEPENDUDUKAN

     

    1.Jumlah penduduk menurut :

    1. Jenis Kelamin
      • Laki Laki      :           2.720                        Orang
      • Perempuan :           2.380                        Orang

    Jumlah                           :           5.100                        Orang

    1. Kepala Keluarga      :           343                       KK
    2. Kewarganegaraan   :
    • WNI : - Laki-laki                                                     :            2.720                       Orang

                         - Perempuan                                              :            2.380                       Orang

                          Jumlah                                                     :           5.100                        Orang

    • WNA : - Laki-laki                                                    :           -                                Orang

                        - Perampuan                                               :           -                                Orang

                           Jumlah                                                    :           -                                Orang

     

    2.Jumlah Penduduk menurut agama/ Penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa

    a.I s l a m                                                                          :           5.100                       Orang

    b.K r i s t e n                                                                     :           -                                Orang

    c.K h a t o l i k                                                                   :           -                                Orang

    d.H i n d u                                                                        :           -                                Orang

    e.B  u d h a                                                                      :           -                                Orang

    f.Penganut/penghayat Kepercayaan

    Terhadap Tuhan Yang Maha Esa                                           :            -                                Orang

                                                                                                        

    3.Jumlah penduduk menurut usia :

     

    1. Kelompok Pendidikan :
      • 00 – 03 Tahun :           117                           Orang
      • 04 – 06 Tahun :           389                           Orang
      • 07 – 12 Tahun :           578                           Orang
      • 13 – 15 Tahun :           457                           Orang
      • 16 – 18 Tahun :           624                           Orang
      • 19 – Keatas     :           1013                         Orang

     

     

     

     

    1. Kelompok tenaga Kerja :
      • 10 – 14 Tahun  :           469                           Orang
      • 15 - 19 Tahun   :           431                           Orang
      • 20 - 26 Tahun   :           477                           Orang
      • 27 - 40 Tahun   :           556                           Orang
      • 41 - 56 Tahun   :           312                           Orang
      • 57 – Keatas       :           54                             Orang

     

     

    4.Jumlah penduduk menurut tingkat pendidikan :

    1. Lulusan Pendidikan Umum :
      • Taman Kanak kanak  :              19                          Orang
      • Sekolah dasar          :           126                           Orang
      • SMP/ SLTP              :              82                          Orang
      • SMU / SLTA            :              63                          Orang
      • Akademi/D I – D III  :              -                             Orang
      • Sarjana (S1- S3)      :              25                          Orang

     

    1. Lulusan Pendidikan Khusus :
    • Pondok Pesantren            :                87                        Orang 
    • Madrasah                         :              105                        Orang
    • Pendidikan Keagamaan      :               -                            Orang
    • Sekolah Luar biasa             :               -                            Orang
    • Kursus Keterampailan         :               -                            Orang

     

    5.Jumlah penduduk menurut mata pencaharian :

    1. K a r y a w a n :
      • Pegawai Negrai Sipil :              10                          Orang
      • A B R I                  :               -                            Orang
      • S w a s t a             :              42                          Orang
    2. Wiraswasta / Pedagang      :             159                         Orang
    3. T a n i                             :             632                         Orang
    4. Pertukangan                     :             119                         Orang
    5. Buruh Tani                       :             316                         Orang
    6. Pensiunan                        :              9                            Orang
    7. Nelayan                           :           -                                Orang
    8. Pemulung                        :           -                                Orang
    9. Jasa                                :           29                             Orang

     

    6.Jumlah penduduk menurut mobilitas/mutasi penduduk :

    1. L a h i r :
      • Laki laki       :           24                             Orang
      • Perempuan :           23                             Orang

    Jumlah                            :           47                             Orang

    1. M a t i :
      • Laki laki       :           14                             Orang
      • Perempuan :           11                             Orang

    Jumlah                            :           25                             Orang

    1. D a t a n g :
      • Laki laki       :           2                               Orang
      • Perempuan  :           2                               Orang

    Jumlah                            :           4                               Orang

    1. P i n d a h :
      • Laki laki       :           13                             Orang
      • Perempuan :           18                             Orang

    Jumlah                           :            31                            Orang

     

     

     

     

    IV.JUMLAH PERANGKAT DESA/ KELURAHAN

    1. Kepala Desa/Kelurahan :                  1                       Orang
    2. Sekretaris                   :                 1                        Orang
    3. Kepala Seksi               :                  3                       Orang
    4. Staf/Pelaksana            :                15                       Orang

     Jumlah                               :                 20                       Orang

     

    V.Pembinaan RT / RW

    1. Jumlah RT                              :           32                             Orang
    2. Jumlah RW                             :             9                             Orang

    Jumlah Pengurus RT dan RW Tertatar  :           41                             Orang

     

     

    VI.JUMLAH PELAYANAN MASYARAKAT

     

    1. Pelayanan Umum             :                117                   Orang
    2. Pelayanan Kependudukan  :              1276                   Orang
    3. Pelayanan Legalisasi          :                  17                   Orang

    VII.PAJAK / RETRIBUSI

     

    1. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
      1. Jumlah Wajib Pajak (WP)  :             3718                     Orang
      2. Jumlah SPPT                   :             3718                      SPPT                                 

     

     

     

Paragraf 1

Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas

Lurah

Bagian Kedua

Pasal 24

  • Lurah mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam:
  1. Melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  2. Melakukan pemberdayaan masyarakat;
  3. Melaksanakan pelayanan masyarakat;
  4. Memelihara Ketentraman dan ketertiban umum; dan
  5. Memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Lurah mempunyai fungsi:
  1. penyusunan program dan kegiatan Kelurahan;
  2. pengoordinasian penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kelurahan;
  3. penyelenggaraan kegiatan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa lingkup rukun warga;
  4. pengoordinasian kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  5. pembinaan penyelenggaraan terhadap kegiatan di bidang POS YANDU dan kebersihan;
  6. pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang kesejahteraan sosial;
  7. pelaksanaan penatausahaan Kelurahan;
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsiny

 

 

 

 

Pasal 25

Rincian tugas Lurah adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun program kerja kegiatan di tingkat Kelurahan;
  2. Menyusun usulan rencana anggaran belanja Kelurahan;
  3. Mempelajari dan menelaah peraturan Perundang-undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang berlaku;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan Seksi-seksi pada unit Kerja maupun SKPD/Instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Mengatur dan mendistribusikan pekerjaan kepada bawahan;
  6. Menyelenggarakan ketatausahaan kelurahan dalam menunjang kinerja organisasi;
  7. Menyelenggarakan pelayanan umum kepada masyarakat sesuai peraturan yang berlaku;
  8. Menyelenggarakan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum untuk menunjang kegiatan masyarakat;
  9. Menyelenggarakan tugas-tugas umum pemerintahan, kesejahteraan rakyat, pembinaan ketentraman dan ketertiban, serta ekonomi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  1. Memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan;
  2. Memberikan penilaian dan menandatangani Sasaran Kinerja Pegawai ;
  1. Memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  2. Melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan kepada atasan; dan
  3. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

Paragraf 2

Sekretariat Kelurahan

Pasal 26

  • Sekretariat Kelurahan dipimpin oleh seorang Sekretaris Kelurahan yang berada di bawah dan betanggungjawab kepada Lurah ;
  • Sekretaris Kelurahan yang mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan pelaksanaan pengelolaan administrasi umum, sarana dan prasarana, kerumahtanggaan,   keuangan, kepegawaian, kehumasan, organisasi dan tatalaksana  serta  melaksanakan  pelayanan  teknis  administratif    kepada unsur satuan organisasi Pemerintahan Kelurahan.
  • Dalam melaksanakan  tugas pokok  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2)  Sekretaris Kelurahan mempunyai fungsi :
  1. pelaksanaan penyusunan rencana dan program kegiatan layanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pemerintah Kelurahan;
  2. pelaksanaan pengelolaan administrasi kerumahtanggaan, tatalaksana dan ketatausahaan pemerintah Kelurahan;
  3. pelaksanaan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana pemerintah Kelurahan;
  4. pelaksanaan penyusunan  dan  penyampaian  laporan  kegiatan pemerintah Kelurahan;
  5. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan ketentuan yang berlaku;
  6. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  7. pelaksanaan koordinasi  pelayanan  kesekretariatan  dengan  sub  unit kerja lain di lingkungan Kelurahan.

 

 

 

Pasal 27

Rincian Tugas Sekretaris Kelurahan adalah sebagai berikut :

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan kesekretariatan;
  2. Menyusun usulan rencana anggaran belanja kegiatan kesekretariatan;
  3. Menghimpun dan mempelajari petunjuk teknis, peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berhubungan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dan landasan kerja;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi pada unit kerja maupun SKPD/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Mengatur dan mendistribusikan pekerjaan kepada bawahan;
  6. Menyelia pelaksanaan tugas inventarisasi data kesekretariatan;
  7. Melaksanakan ketatausahaan guna tertib administrasi;
  8. Melaksanakan pelayanan KTP, pindah tempat, kelahiran dan kematian;
  9. Melaksanakan urusan umum, kepegawaian, keuangan untuk terwujudnya tertib administrasi;
  10. Memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan;
  11. Memberikan penilaian dan menandatangani Sasaran Kinerja Pegawai ;
  12. Memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  13. Melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan kepada atasan; dan
  14. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsin

 

Paragraf 3

Seksi Pemerintahan

Pasal 28

  • Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dan bertanggungjawab kepada Lurah.
  • Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan pelaksanaan penyusunan, perencanaan, pelaksanaan dan pengkoordinasian penyelenggaraan administrasi pemerintah Kelurahan.
  • Dalam melaksanakan  tugas pokok  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2)  Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :
    1. pelaksanaan dan pengkoordinasian penyusunan rencana dan kegiatan penyelenggaraan administrasi pemerintah Kelurahan;
    2. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi kependudukan, catatan sipil dan pertanahan;
    3. pengkoordinasian pelaksanaan penyelenggaraan  Pemilihan  Umum;
    4. pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pembinaan administrasi kepengurusan RW / RT;
    5. pelaksanaan fasilitasi penyelenggaraan pemilihan Ketua RW dan RT;
    6. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan ketentuan yang berlaku;
    7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
    8. pelaksanaan koordinasi pelayanan pemerintahan dengan sub unit kerja lain di lingkungan Kelurahan.

Pasal 29

Rincian Tugas Kepala Seksi Seksi Pemerintahan adalah sebagai berikut :

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan di bidang pemerintahan;
  2. Menyusun usulan rencana anggaran belanja kegiatan pemerintahan;
  3. Menghimpun dan mempelajari petunjuk teknis, peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berhubungan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dan landasan kerja;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi kelurahan dan lembaga kelurahan;
  5. Mengatur dan mendistribusikan pekerjaan kepada bawahan;
  6. Menyusun program dan pembinaan penyelenggaraan ketertiban, keamanan dan pemerintahan umum di kelurahan;
  7. Membantu penyelenggaraan administrasi kegiatan kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
  8. Menyusun program dan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil;
  9. Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi tentang pemilu, kependudukan, transmigrasi keamanan dan ketertiban di tingkat kelurahan;
  10. Memproses perijinan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Ijin Gangguan (HO), kawasan perumahan, keramaian , SKCK, ijin tebang dan pengangkutan kayu;
  11. Memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan;
  12. Memberikan penilaian dan menandatangani Sasaran Kinerja Pegawai ;
  13. Memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya; dan
  14. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 

Paragraf 4

Seksi Pembangunan

Pasal 30

  • Seksi Pembangunan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Lurah.
  • Kepala Seksi Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan penyusunan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian administrasi sarana dan prasarana serta pembangunan pemerintahan Kelurahan.
  • Dalam melaksanakan  tugas pokok  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2)  Kepala Seksi Pembangunan mempunyai fungsi :
    1. pelaksanaan penyusunan rencana program dan kegiatan pembangunan pemerintahan Kelurahan;
    2. pengkoordinasian penyusunan rencana program dan kegiatan pembangunan wilayah Kelurahan;
    3. penyusunan bahan rumusan pengembangan potensi pendapatan daerah dan peningkatan perekonomian di wilayah Kelurahan;
    4. pelaksanaan koordinasi pengembangan potensi pendapatan daerah dan peningkatan perekonomian masyarakat dengan Perangkat Daerah dan Instansi lainnya;
    5. pelaksanaan pembinaan terhadap usaha – usaha pengembangan potensi pendapatan dan peningkatan perekonomian masyarakat;
    6. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan ketentuan yang berlaku;
    7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
    8. pelaksanaan koordinasi pembangunan dengan sub unit kerja lain di lingkungan kelurahan.

 

Pasal 31

Rincian Tugas Kepala Seksi Pembangunan adalah sebagai berikut :

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan di bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  2. Menyusun usulan rencana anggaran belanja kegiatan di bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  3. Menghimpun dan mempelajari petunjuk teknis, peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dan landasan kerja;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi kelurahan dan lembaga masyarakat di kelurahan;
  5. Mengatur dan mendistribusikan pekerjaan kepada bawahan;
  6. Melakukan kegiatan pembinaan terhadap perkoperasian, pengusaha ekonomi lemah dan kegiatan perekonomian lainnya dalam meningkatkan kehidupan perekonomian;
  7. Melakukan kegiatan dalam rangka swadaya dan partisipasi masyarakat dan meningkatkan perekonomian serta pelaksanaan pembangunan;
  8. Melaksanakan pembinaan pemberdayaan adat dan pengembangan kehidupan social budaya masyarakat;
  9. Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan teknologi tepat guna;
  10. Memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan;
  11. Memberikan penilaian dan menandatangani Sasaran Kinerja Pegawai ;
  12. Memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  13. Melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan kepada atasan; dan
  14. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 

Paragraf 5

Seksi Kesejahteraan Sosial

Pasal 32

  • Seksi Kesejahteraan Sosial dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Lurah.
  • Kepala Seksi  Kemasyarakatan  mempunyai  tugas  pokok  membantu  Lurah dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan penyusunan, perencanaan, pelaksanaan dan pengkoordinasian pelayanan pembangunan kemasyarakatan pemerintahan Kelurahan.
  • Dalam melaksanakan  tugas pokok  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2)  Kepala Kesejahteraan Sosial mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanaan penyusunan rencana program dan kegiatan pembangunan pemerintahan Kelurahan;
  1. Pengkoordinasian penyusunan    rencana    program    dan    kegiatan pembangunan wilayah Kelurahan;
  2. Penyusunan bahan rumusan pengembangan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan;
  3. Pelaksanaan koordinasi  pengembangan  pemberdayaan  masyarakat dengan Perangkat Daerah dan Instansi lainnya;
  4. Pelaksanaan pembinaan  terhadap  usaha  –   usaha   pengembangan pemberdayaan masyarakat;
  5. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan ketentuan yang berlaku;
  6. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  7. Pelaksanaan koordinasi kemasyarakatan dengan sub unit kerja lain di lingkungan kelurahan.

 

Pasal 33

Rincian Tugas Kepala Kesejahteraan Sosial adalah sebagai berikut :

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan di bidang kesejahteraan masyarakat;
  2. Menyusun usulan rencana anggaran belanja kegiatan di bidang kesejahteraan masyarakat;
  3. Menghimpun dan mempelajari petunjuk teknis, peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berhubungan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dan landasan kerja;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi pada unit kerja maupun skpd/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Mengatur dan mendistribusikan pekerjaan kepada bawahan;
  6. Melaksanakan pembinaan kehidupan keagamaan, keluarga berencana, kesejahteraan dan pendidikan masyarakat;
  7. Melaksanakan pembinaan kehidupan keagamaan, keluarga berencana, kesejahteraan dan pendidikan masyarakat;
  8. Memproses perijinan Nikah, Talak, Cerai, Rujuk (NTCR) sesuai peraturan perundang-undangan;
  9. Memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan;
  10. Memberikan penilaian dan menandatangani Sasaran Kinerja Pegawai ;
  11. Memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  12. Melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan kepada atasan; dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 

PROGRAM DANA KELURAHAN (DK) TAHUN ANGGARAN 2019

Pembangunan Jalan Lingkungan Paving Block (Tahap I):

1. Kp. Pasir Laksana RT.04/02

2. Kp. Pasir Pariuk RT.03/03

3. Kp. Pasir Jengkol RT.02/05

4. Kp. Panakis RT.03/04

5. Kp. Batu Lawang RT.01/07

6. Kp. Wangkelang RT.02/08

 

NO

JENIS PELAYANAN 

 PERSYARATAN

 WAKTU PELAYANAN

 KETERANGAN 

 BIAYA

 1

PERSYARATAN MEMBUAT KARTU KERLUARGA BARU

 1. FORMULIR PENDAFTARAN       (F5.01) DI KETAHUI LURAH

 2. FORMULIR BIODATA ANGGOTA KELUARGA (F5.02) DIKETAHUI LURAH

 3. SURAT PENGANTAR DARI RT,RW dan KELURAHAN

 4. FOTOCOPY SURAT NIKAH

 5. SURAT PINDAH (BAGI PENDATANG)

 6. MENGISI FORMULIR (F1.01)

 15 MENIT

 LENGKAP

 GRATIS

 2

PERSYARATAN PERUBAHAN ATAU PENAMBAHAN ANGGOTA KELUARGA (KK)

 1. FORMULIR PERMOHONAN KARTU KELUARGA

 2. SURAT PENGANTAR DARI RT,RW dan KELURAHAN

 3. FOTOCOPY SURAT NIKAH

 4. SURAT PINDAH ATAU DATANG

 5. KARTU KELUARGA LAMA (ASLI)

 6. KK SUAMI ISTRI YANG DI TUMPANGI

 15 MENIT

  LENGKAP

 GRATIS

 3

 PERSYARATAN PEMBUATAN E-KTP

 1. SURAT PENGANTAR DARI RT,RW dan    KELURAHAN

 2. FOTOCOPY SURAT NIKAH,AKTA KELAHIRAN,IJAXAH TERAHIR

 3. SURAT PINDAH (BAGI PENDATANG)

 4. MENGISI FORMULIR (F1.01)

 20 MENIT

 LENGKAP

 GRATIS

 4

 PERSYARATAN AKTA KELAHIRAN 

 1, Surat Pengantar RT/RW Setempat

 2. SURAT KETERANGAN KELAHIRAN DARI DOKTER

 3. FOTCOPY SURAT NIKAH

 4. MENGISI FORMULIR (F2.01) dan (F2.02) DIKETAHUI LURAH

 5. FOTOCOPY KTP ORANG TUA,KK, dan KTP SAKSI 2 ORANG

 

 20 MENIT

 LENGKAP

 GRATIS

 5

 PERSYARATAN MEMBUAT SURAT PINDAH

 1. SURAT PENGANTAR DARI RT/RW

 2. KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)

 3. KARTU KELUARGA (KK)

 4. MEMBAWA FORMULIR 

 

 15 MENIT

 LENGKAP

 GRATIS

 6

PERSYARATAN SURAT KETERANGAN KEMATIAN 

 1. SURAT PENGANTAR DARI RT,RW

 2. SURAT KETERANGAN KEMATIAN DARI DOKTER (MENINGGAL  DI  DOKTER)

 3. FOTOCOPY KTP DAN KARTU KELUARGA

 15 MENIT

 LENGKAP

 GRATIS

 7

 PERSYARATAN SKTM

 1. SURAT PENGANTAR DARI RT,RW

 2. FOTOCOPY KTP PEMOHON 

 4. RUJUKAN DARI PUSKESMAS ATAU SEKOLAH (UNTUK BEROBAT)

 15 MENIT

 LENGKAP

 GRATIS

 8

 PERSYARATAN SKCK

 1. FOTOCOPY KTP atau SIM 

 2. FOTOCOPY KARTU KELUARGA 

 3. FOTOCOPY AKTA KELAHIRAN dan IJAZAH TERAHIR

 4.PAS FOTO 4 X 6 BACKGRAOUND MERAH (6 LEMBAR)

 15 MENIT

 LENGKAP

 GRATIS

Lorem Ipsum ...

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…